Jumat, 19 Desember 2008

Perbedaan Sistem Informasi dengan jurusan “komputer” lain

Sistem Informasi adalah suatu jurusan yang bergerak di bidang IT yang di dalamnya lebih mempelajari sebuah sistem pengelolaan data. Jurusan ini merupakan jurusan yang cukup baru di ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya). Jurusan ini dibentuk sejak tahun 2001. Meskipun jurusan ini tergolong jurusan yang baru, tetapi bisa menduduki peringkat 2 terbaik di ITS. Prestasi demi prestasi mulai muncul di jurusan ini. Lulusan dari jurusan Sistem Informasi disiapkan sebagai calon-calon manager suatu perusahaan di bidang IT. Oleh karena itu, banyak lulusan Sistem Informasi yang dengan mudah memperoleh suatu pekerjaan. Kepala Jurusan Sistem Informasi berkata bahwa lulusan jurusan ini paling lama menganggur sekitar 3 bulan. Jurusan Sistem Informasi berada 1 fakultas dengan Teknik Informatika yang bernama Fakultas Teknik Informasi.
Perbedaan yang mencolok dari Sistem Informasi dengan jurusan “komputer” lain adalah dalam materi pembelajaran.
Perbedaan dalam materi pembelajaran. Perbedaan dalam point ini adalah jurusan Sistem Informasi mahasiswa dapat mengetahui lebih jelas bagaimana cara mengatur suatu sistem di suatu industri. Pada jurusan ini mahasiswa juga mendapatkan pembelajaran tentang manajemen. Pelajaran di bidang manajemen sangat membawa dampak yang cukup besar dalam membangun masa depan kita. Karena setiap kegiatan atau setiap pekerjaan yang akan kita masuki kebanyakan berurusan dengan bidang menajemen. Jurusan Sistem Informasi bila dipilah-pilah, materi pembelajaran yang digunakan mencangkup sebagian materi pembelajaran dari jurusan Teknik Industri dan jurusan Teknik Informatika. Jurusan ini sangat strategis sekali, karena mahasiswa disiapkan dengan berbagai materi yang berasal dari beberapa aspek pendukung dalam dunia kerja lainnya.
Menurut wikipedia.com :

Sistem Informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data.

Sistem Informasi adalah sekumpulan hardware, software, brainware, prosedur dan atau aturan yang diorganisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat guna memecahkan masalah dan pengambilan keputusan

Sistem Informasi adalah satu kesatuan data olahan yang terintegrasi dan saling melengkapi yang menghasilkan output baik dalam bentuk gambar, suara maupun tulisan.

Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. Dalam sistem informasi diperlukannya klasifikasi alur informasi, hal ini disebabkan keanekaragaman kebutuhan akan suatu informasi oleh pengguna informasi. Kriteria dari sistem informasi antara lain, fleksibel, efektif dan efisien.

Sistem informasi adalah kumpulan antara sub-sub sistem yang salaing berhubungan yang membentuk suatu komponen yang didalamnya mencakup input-proses-output yang berhubungan dengan pengolaan informasi (data yang telah dioleh sehingga lebih berguna bagi user)

Suatu sistem informasi (SI) atau information system (IS) merupakan aransemen dari orang, data, proses-proses, dan antar-muka yang berinteraksi mendukung dan memperbaiki beberapa operasi sehari-hari dalam suatu bisnis termasuk mendukung memecahkan soal dan kebutuhan pembuat-keputusan manajemen dan para pengguna yang berpengalaman di bidangnya.

Tujuan pendidikan:
Menghasilkan Sarjana Komputer yang memiliki kemampuan:
a. Menggunakan Tools dan Metode dalam rangka mendesain Sistem Penunjang Keputusan.
b. Menggunakan Sistem Operasi, Utility dan Bahasa Pemrograman dalam pengolahan data.
c. Menyelesaikan permasalahan yang timbul pada Sistem Informasi.
d. Berbahasa Inggris untuk berkomunikasi dalam profesinya.
e. Berwirausaha di bidang Teknologi Informasi.
f. Mengkomunikasikan pemikirannya dengan baik dan terlibat dalam bidangnya secara mandiri maupun dalam tim.
g. Belajar sepanjang hayat, dapat hidup bermasyarakat, peka terhadap permasalahan sosial budaya dan global, serta mempunyai etika dan tanggung jawab profesi.

Kompetensi Lulusan: Sistem analyst yang mampu mendesain DSS dan menerapkan Metode dan tools yang sesuai dengan DSS yang dibangun.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

hee..? kata sapa terbaik ke 2 se ITS..?

arogansi jursn neeeh...?

anak SI enak ya,,? udah gk ketemu fisdas lage..